Jumat, 09 Oktober 2009

Boolean Logic

George Boole (1815-1864) adalah seorang ahli logika di Queen’s College County Cork, Irlandia, sekitar tahun 1850-an. Warisannya yang terus bertahan adalah sistem logika hasil pengembangannya, yang kini digunakan sebagai landasan Logika Boole (Boolean Logic). Penemuan ini memungkinkan perolehan informasi dari komputer hanya dengan menyatakan hubungan antara kata dan frase melalui cara yang bisa ditafsirkan oleh program database. Logika Boole memiliki 3 komponen (operator Boole), yaitu and (dan), or (atau), dan not (tidak).

KOMPONEN AND

Komponen and (dan) menghubungkan konsep-konsep menjadi satu dan memerintahkan database untuk menemukan semua record berisis kata kunci 1 dan kata kunci 2. Kemudian kedua record tersebut dibandingkan. Database diperintahkan untuk menampilkan record yang mengandung kedua kata kunci tersebut.


KOMPONEN OR

Komponen or (atau) menghubungkan kata kunci menjadi satu dan memerintahkan program database ubtuk menemukan semua record yang mengandung kata kunci 1 dan kata kunci 2. Kemudian menggabungkan record tersebut menjadi satu.


KOMPONEN NOT

Komponen not (tidak) meniadakan kata-kata kunci dan memerintahkan program database untuk menemukan semua record yang mengandung kata kunci 1 dan kata kunci 2. Komponen not mengecualikan semua record yang mengandung kata kunci 2, meskipun mereka mengandung kata kunci 1.


MENGKOMBINASIKAN OPERATOR BOOLE

Setelah memahami fungsi Logika Boole maka sekarang harus melangkah lebih jauh dan memahami apa yang terjadi saat menggunakan lebih dari satu operator Logika Boole (and/or/not) dalam satu pencarian.

KOMBINASI AND-AND

Komponen and (dan) menghubungkan konsep-konsep menjadi satu dan memerintahkan database untuk menemukan semua record berisis kata kunci 1, kata kunci 2 dan kata kunci 3. Kemudian ketiga record tersebut dibandingkan. Database diperintahkan untuk menampilkan record yang mengandung ketiga kata kunci tersebut.


KOMBINASI AND-OR

Program database melakukan pencarian dengan cara semua artikel yang mengandung kata kunci 1 dan 2 digabungkan dengan kata kunci 3. Jika menghendaki program database melakukan pelacakan secara berurutan dari and terlebih dahulu baru or maka sebaiknya menambahkan beberapa struktur dalam kata kunci guna memastikan bahwa perintah and dilaksanakan lebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan tanda kurun ( ) maka istilah atau kata kunci yang berada di dalam tanda kurung akan di proses terlebih dahulu. Penempatan tanda kurung yang digunakan akan berpengaruh terhadap hasil pelacakan. P

KOMBINASI AND-OR-NOT

Penggunaan komponen (operator Boole) dapat memperlakukan konsep sebagai blok-blok yang terpisah. Pelacakan akan lebih mudah untuk merencanakan dan menerapkan pencarian yang mempunyai konsep-konsep individual daripada mencoba melakukan pencarian secara keseluruhan. Pengelompokan konsep-konsep dan kata-kata kunci yang berkaitan dengan menggunakan tanda kurung, tanda petik, atau menjadikan masing-masing konsep pada baris terpisah. Semua teknik tersebut sebaiknya dipraktikan saat melakukan pencarian.



REFERENSI

Wiratama C. 2008. Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communications. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

http://en.wikipedia.org/wiki/Boolean_logic

http://www.scribd.com/doc/7393718/06-Logika-Kombinasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar